Thursday, 25 January 2018

Apa itu SOP ? Pengertian dan Fungsi SOP


Assalamualaikum warohmatullah

Pertama-tama dan yang paling utama serta yang paling di uatamakan kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Dzat Ilahi Robbi, tuhan sang pencipta alam semesta, yakni Allah SWT, tak lupa juga kita kirimkan solawat beserta salam kepada junjungan alam, Nabi yang mampu membimbing umatnya dari jaman jahiliyyah ke jaman yang indah penuh berkah, yakni Nabi Muhammad SAW, tak lupa pada keluarganya, para sahabat, tabiin atba’uttabi’in serta mudah-mudahan sampai kepada kita yang di akhir jaman sebagai umatnya… amiin allahumma amiin

25  januari 2018 PKL (Praktek Kerja Lapangan) di BLC Telkom Klaten yaitu :

  • Apa itu SOP ? Pengertian dan Fungsi SOP



A.Pendahuluan

1.Pengertian
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

2.Maksud dan Tujuan
    Mempersiapkan diri untuk siap memasuki lapangan kerja
    Agar menjadi lebih disiplin dan tanggung jawab tentang pekerjaannya

    Mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang didapatnya di dalam dunia kerja

 3.Hasil yang Diharapkan

    Mendapatkan wawasan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
    Mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja sehingga ketika di dunia kerja yang sesungguhnya saya        dapat merealkannya.

B.Alat dan Bahan


    E-book SOP

C.Jangka Waktu Pelaksana

     Mulai dari jam 8.00-selesai

D.Poses danTahapan Pelaksana dan/atau isi pembahasan     

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.



Manfaat:

▪Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.

▪ Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.

▪ Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.

▪ Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.

▪ Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.

▪ Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.



Tujuan:

▪Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.

▪ Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.

▪ Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.

▪ Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.

▪ Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.



Fungsi:

Sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.



Keuntungan:

▪SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan

menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.

▪ Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.

▪ SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai


E.Hasil Yang Didapatkan


    Dapat memahami betapa bergunanya

F.Kesimpulan yang Didapatkan


    Saya mendapatkan pengetahuan lebih.


G.Referensi

Ebook Pengertian_Standar_Operasional_Prosedur.pdf


wassalamualaikum

No comments:
Write komentar

Popular Posts